Cara Desainer Melakukan Kerjasama Yang Baik Dengan Client

Cara Desainer Melakukan Kerjasama Yang Baik Dengan Client

Kerja sama yang baik sebenarnya sangat dibutuhkan dan diharapkan bisa terjalin antara desainer dengan pembeli sebab dengan adanya kerjasama yang baik ini diharapkan akan menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Keputusan yang baik jelas merupakan keputusan yang diharapkan tidak merugikan pihak manapun sebab akan sangat disayangkan apabila memberikan kesan yang tidak baik antara sesama pelaku transaksi baik dari pihak desainer maupun dengan client.


Cara Desainer Melakukan Kerjasama Yang Baik Dengan Client
Cara Desainer Melakukan Kerjasama Yang Baik Dengan Client

Ada cara baik yang bisa dilakukan oleh desainer dalam menjalin kerjasama dengan client, berikut adalah ulasannya:

1. Pahami Permintaan Client 

Memahami permintaan client akan sangat membantu terjalinnya kerjasama yang baik karena dengan memahami dengan baik perminaan client ini akan menjadi modal yang sangat baik untuk melanjutkan tahap transaksi yang selanjutnya.

Client
Client 

Permintaan client memang terkadang sangat beragam dan tidak tertebak namun tetap ada hal yang bisa kita pelajari dari sini yaitu bisa membuat skill yang dimiliki seorang desainer menjadi lebih berkembang lagi dari sebelumnya dengan begitu kualitas yang dimiliki juga akan meningkat dengan sendirinya.

Namun jika pemintaan dair client cenderung sangat beragam dan tidak tertebak maka kita  sebagai seorang desainer juga bisa melakukan permintaan terhadap client namun tetap dengan syarat tidak merugikan pihak manapun, permintaan yang dimaksud adalah dengan mengajukan bonus atau komisi lebih kepada client.

2. Menghormati Client

Cara yang kedua ini masih ada hubungannya dengan cara yang pertama sebab seperti halnya yang dibahas dicara yang pertama dalam hal permintaan client yang terkadang beragam dan tidak tertebak maka kita sebagai desainer tetap harus bisa mengontrol diri dan menghormati client selayaknya.


Menghormati disini sebenarnya merupakan bagian dari prilaku yang bisa mencerminkna karakter baik yang dimiliki seorang desainer sebab jika seorang desainer bisa memberlakukan clientnya dengan baik maka cenderung akan diberlakukan balik dengan baik.

Namun kita juga tidak bisa memukul secara rata karakter yang dimiliki oleh setiap orang sebab setiap orang memiliki karakternya masing-masing.

3. Bertanya Seperlunya

Seorang client bisa merasa terganggu apabila seorang desainer terlalu banyak menanyakan hal kepada client namun tetap saja hal penting yang digaris bawahi ini adalah sebaiknya jika memiliki maksud yang memang berhubungan dengan pemintaan client lebih baik ditanyakan saja.

Bertanya
Bertanya

Namun jika pertanyaan yang diajukan cenderung mengarah kebasa-basi maka lebih baik jangan sering melakukannya sebab bisa membuat client menjadi terganggu.

4. Memberikan Penawaran/Rekomendasi Yang Baik Kepada Client

Ketika permintaan client sudah diajukan dan desaine sudah paham dengan baik atas pemintaan tersebut maka jika ada penawaran/rekomendasi yang ingin diberikan bisa saja diajukan.

Penawaran/rekomendasinya pun jelas harus berhubungan dengan permintaan dari client.

Silahkan baca juga: Cara Menentukan Harga Desain Logo

Namun jika penawaran/rekomendasinya ditolak maka kita harus tetap mengerjkannya sesuai permintaan client.

5. Memenuhi Permintaan Client Dengan Baik

Permintaan yang diberikan client kepada desainer merupakan kunci yang akan menentukan kerjasama yang terjalin berhasil atau tidak. Jika desainer bisa memenuhi permintaan client dengan baik maka jalinan kerjasama antara client dengan desainer berjalan dengan baik.

Berusahalah sebaik mungkin dalam memenuhi segala permintaan client sebab jika hasil kerja desainer tersebut baik maka tidak menutup kemungkinan jika bisa mendapatkan tawaran pekerjaan lagi dikesempatan yang akan datang.

Kesimpulan

Cara-cara yang bisa dilakukan untuk melakukan kerjasama yang baik sebenarnya sangat beragam dan semua cara tersebut bisa berhasil atau tidak tergantung dair desainernya. Namun sangat diharapkan kerjasama yang terjalin akan menguntungkan kedua belah pihak.

Sekian, mohon maaf jika ada salah kata, silahkan berkomentar jika ada request untuk artikel selanjutnya dan terimakasih telah berkunjung.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Desainer Melakukan Kerjasama Yang Baik Dengan Client"

  1. Cara Desainer Melakukan Kerjasama Yang Baik Dengan Client - Tanvophin >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Desainer Melakukan Kerjasama Yang Baik Dengan Client - Tanvophin >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Desainer Melakukan Kerjasama Yang Baik Dengan Client - Tanvophin >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus